Home Profil Desa

Profil Desa

Profil desa adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumberdaya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.
Penyusunan profil desa merupakan bagian dari kajian desa yang dilakukan secara partisipatif dalam rangka mengenal kondisi desa secara komprehensif. Profil desa merupakan gambaran wilayah dan aspek pengembangan sumber daya secara keseluruhan menyangkut kondisi saat ini tentang fungsi-fungsi pemerintah dan pembangunan pada umumnya. Profil Desa merupakan instrumen penting dalam perencanaan khususnya RPJM Desa untuk mengidentifikasi, mengorganisasikan dan mengkoordinasi kan informasi dan data dalam rangka pengambilan keputusan dan kebijakan pembangunan. Profil desa menyediakan data dasar yang terdiri dari data keluarga, potensi desa, kelembagaan secara berkelanjutan (time series) sebagai informasi penting dalam menyusun dokumen RPJM Desa.
Penyusunan profil desa adalah serangkaian kegiatan pengumpulan, pengolahan dan publikasi data profil desa dan kelurahan. Pendayagunaan profil desa sebagai upaya pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi desa dan kelurahan serta tingkat perkembangan desa dan kelurahan dalam sistem perencanaan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.
Penyusunan profil desa merupakan upaya mengenal kondisi sosial, budaya dan ekonomi yang berpengaruh terhadap perubahan, distribusi sumber daya dan tantangan masyarakat dalam membangun situasi aman, mencegah terjadinya masalah serta memberikan masukan dalam upaya perdamaian.
Tujuan penyusunan profi desa dimaksudkan untuk menggambarkan secara keseluruhan kondisi atau keadaan desa (kelurahan, dusun/lingkungan, RT/RW) sebagai masukan dalam merumuskan kebijakan dan strategi pembangunan yang akan dituangkan dalam RPJM Desa.

Secara khusus kegiatan ini bertujuan:
1. Mengidentifikasi potensi dan sumber daya yang dapat mendukung pelaksanaan pembangunan di tingkat desa;
2. Mengidentifikasi, para pemangku kepentingan yang terlibat dalam pembangunan di desa;
3. Mengidentifikasi kondisisosial, ekonomi, kesehatan,dan kelembagaan desa;
4. Mengidentifikasi program pembangunan desa yang telah ada atau yang telah dibiayai pada tahap sebelumnya;
5. Inventarisasi data kependudukan, program atau kegiatan;
6. Mengenal aspek-aspek pembangunan desa yang dianggap menonjol dan kritis untuk segera ditangani melalui program tertentu; dan
Memperkirakan prediksi ke depan atas berbagai aspek dan fungsi pembangunan desa.

A. DATA MONOGRAFI DESA

1. Nama Desa : Ngraho
2. Tahun Pembentukan : –
3. Dasar Hukum Pembentukan : –
4. Nomor Kode Wilayah : 35.22.01.2007
5. Nomor Kode Pos : 62165
6. Kecamatan : Ngraho
7. Kabupaten : Bojonegoro
8. Provinsi : Jawa Timur

B. BATAS WILAYAH

a. Sebelah utara : Desa Blimbinggede dan Desa Kalirejo.
b. Sebelah selatan : Desa Geneg Kec. Margomulyo.
c. Sebelah barat : Desa Sumberagung dan Desa Mojorejo.
d. Sebelah timur : Desa Blimbinggede.

C. ORBITRASI ( jarak dari Pusat Pemerintahan ) :

a. Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan : 1 Km.
b. Jarak dari Pusat Pemerintahan Kota : 55 Km.
c. Jarak dari Kota / Ibukota Kecamatan : 55 Km.
d. Jarak dari Ibukota Provinsi : 270 Km.

D. PETA DESA

 

D. MONOGRAFI DESA