Home Berita Desa Ngraho Ikuti Pelatihan “HARA”

Desa Ngraho Ikuti Pelatihan “HARA”

130
0

ngraho-bjn.desa.id (28/3). Sebanyak empat orang perwakilan dari desa ngraho, ghani maulida (kepala dusun), maskur (kaur perencanaan), hari prastia (kaur umum), dan tamim zuhri (penyuluh pertanian) mengikuti pelatihan aplikasi HARA di BPP desa pengkok kecataman padangan kabupaten bojonegoro, jawa timur, rabu (28/3).

Pelatihan aplikasi hara ini diikuti empat perwakilan dari kecamatan ngraho, kecamatan gayam, kecamatan margomulyo, dan kecamatan padangan serta dipimpin langsung dari tim dattabot jakarta.

“Kami sangat mengapreisiasi pemerintah kabupaten bojonegoro yang saat ini selangkah lebih maju dalam hal pertanian dan pemanfaatan sumberdaya alam lainya” tutur Daniel ketua tim dattabot

Daniel juga menuturkan hara sendiri merupakan aplikasi berbasis data untuk mengetahui inisiasi petani dan luasan lahan pertanian.

Ketua BPP Padangan prayitno mengatakan, dengan adanya aplikasi ini (HARA), para petani diharapkan bisa berfikir lebih modern, dan data akan lebih falid kedepannya.

“Jadi kedepannya para petani bisa selalu update harga hasil pertanian dan jangkauan antara petani dan pedagang jadi lebih luas” tambah prayitno saat membuka pelatihan.

Menurut dattabot dipenghujung tahun 2017 jawa timur menempati posisi pertama sebagai penghasil padi dengan 13.125.414 ton, harapnnya mampu menjadi lumbung padi dunia di 2045 mendatang.(*GM/webdes)

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here